Tentang


Penilaian situs web perguruan tinggi merupakan salah satu tolak ukur dalam perangkingan perguruan tinggi (Isidro Aguillo, 2003). Indikator utama penilaian adalah seberapa besar visibilitas kinerja website IPB memberikan dampak terhadap penyebaran informasi yang ada di dalamnya. Informasi ini meliputi profil, kinerja, publikasi, kemahasiswaan, pengajaran, kegiatan, pendukung, dan informasi lainnya yang mencerminkan perguruan tinggi. Lebih jauh lagi, informasi tersebut haruslah mudah ditemukan oleh mesin pencari informasi, agar keunggulan Institut Pertanian Bogor (IPB) dapat diakses secara luas secara efektif dan efisien.

Situs web IPB dan unit-unit di dalamnya telah ada dan sebagian besar telah memenuhi kelengkapan informasi yang sesuai standar IPB. Standar ini selalu dimutakhirkan untuk mengikuti standar internasional perguruan tinggi berdasarkan indikator perangkingan universitas dunia, sehingga dalam hal ini situs web IPB berikut unit-unit di dalamnya harus melakukan pemutakhiran baik data maupun fitur agar sesuai dengan perkembangan dunia. Selain itu upaya ini juga dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah agar perguruan tinggi di Indonesia termasuk IPB dapat bersaing dan memiliki posisi yang tinggi dalam perangkingan universitas kelas dunia (World Class University Ranking).


Lebih Lanjut

Tujuan


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi serta keberlanjutan pemutakhiran situs web unit-unit kerja di IPB. Kegiatan ini berupaya untuk mendukung visi IPB menuju world class university dan menjadikan website sebagai media untuk publikasi dan promosi keunggulan IPB.

Lingkup Kegiatan


Kegiatan penilaian meliputi situs web unit-unit kerja, lembaga kemahasiswaan, dan blog civitas (dosen dan tenaga kependidikan) IPB. Periode penilaian tahun 2019 dilakukan pada bulan November – Desember 2019.

Agenda Kegiatan


No Waktu Kegiatan
1 Oktober 2019 Penyusunan Skema Pemeringkatan dan Pemutakhiran Website IPB (Kategori, Kriteria, Pembobotan, dan Mekanisme Teknis)
2 14 November 2019 Internalisasi Pemeringkatan Website Unit Kerja
3 Akhir November 2019 Persiapan Tools Penelusuran
4 November – Desember 2019 Periode Pemutakhiran dan Content Assessment
5 November – Desember 2019 Periode Penilaian dan Pemeringkatan
6 Desember 2019 Pengumuman Hasil Pemeringkatan Website